Bagaimana Sejarah Jazz di Indonesia

Di Indonesia musik jazz sudah menjadi salah satu musik favorit sebagian besar pencinta musik tanah air. Bahkan sudah banyak festival jazz yang diadakan di berbagai kota di Indonesia dan selalu ramai akan penonton. Ini membuktikan di Indonesia, jazz merupakan salah satu jenis musik yang digemari.

Sebenarnya, bagaimana asal mula dari adanya jazz di Indonesia?

Awalnya jazz merupakan slang dari Barat di sekitar tahun 1912. Makna dari kata ini adalah ‘yang bervariasi’.

Di Indonesia, jazz hadir di tahun 1919 melalui musisi Eropa dan mengalami puncak popularitas di tahun 1950-an. Musisi jazz pun mulai mewarnai tanah air di tahun 1980 sampai 1990-an.

Pada masa itu, para penyanyi genre jazz sangat membantu menyebarkan musik genre ini ke seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya ada Ireng Maulana, Elfa Secoria, dan juga Benny Likumahuwa. Lagu-lagu yang mereka hadirkan bernuansa santai dan bisa dengan mudah diterima oleh para anak muda pecinta game slot online gampang menang. Padahal sebelumnya, jazz dianggap sebagai lagu yang lebih cocok untuk generasi tua.

Ketika memasuki tahun 2000-an, musik jazz semakin berkembang dan lagu-lagu yang ada pun semakin mengarah ke bagaimana agar musik jazz bisa diterima bagi semua kalangan.

Para penyanyi jazz di Indonesia awal tahun 2000 pun mulai bermunculan, seperti Andien, Maliq & D’Essentials, Raisa, Dewa Budjana, sampai adanya banyak festival musik jazz yang semakin mendukung berkembangnya musik jazz di tanah air.

Salah satu festival jazz yang dinantikan oleh banyak orang adalah Java Jazz Festival. Mereka memberikan peran yang cukup besar untuk membuat jazz semakin dikenal di Indonesia. Festival ini digagas oleh Peter Gontha pada 15 tahun lalu, di mana ia mengaku terinspirasi oleh North Sea Jazz Festival yang ada di Den Haag, Belanda.

Setelah itu semakin banyak bermunculan festilval musik jazz lainnya, seperti International Jazz Festival dan Ngayogjazz. Festival-festival ini pun semakin memperluas menyebarkan musik jazz pada tahun 2000-an ke pasar yang luas.

Setidaknya hingga saat ini terdapat sekitar 30 festival jazz yang diadakan di seluruh Indonesia. Bahkan saat ini festival musik jazz menjadi salah satu yang membantu untuk menggerakkan wisata di tanah air.